Menjadi Kepala Sekolah Inspiratif

/ / Artikel

MENJADI KEPALA SEKOLAH INSPIRATIF

Oleh: Abas.M.Pd.M.Si

Berbicara tentang performance Kepala Sekolah bukan sesuatu yang mudah dan di remehkan artinya secara moril banyak sekali hal yang harus dipertanggungjawabkan baik dihadapan Allah SWT Tuhan YME, dihadapan Orang tua siswa, dihadapan guru, dan dihadapan atasan Kepala Sekolah mulai Pengawas, Penmad Kemenag Tangsel.

Menjadi seorang kepala sekolah bukan hanya cerdas tetapi lebih kepada keteladanan dalam bersikap dan bertutur kata yang terwujud dalam tindakan. Dalam konsep kepemimpinan pembelajaran Kepala Sekolah sebagai seorang leader dan manajer harus mampu memberdayakan potensi yang dimiliki lembaganya agar tercipta proses pembelajaran yang berkualitas dan profesional.

Dalam konsep pembelajaran yang berkualitas didalamnya terdapat beberapa komponen yang dikenal dengan nama istilah “MIKIR “yaitu

M= Mengalami ( Didalam pembelajaran siswa langsung ikut mengalami tema pembelajaran)

I = Interaksi ( Tercipta interaksi yang baik antara siswa dengan siswa dalam proses diskusi, debat, dalam kelompok, antara guru dengan siswa antara guru dengan guru)

K= Komunikasi ( Siswa dapat mengkomunikasikan hasil pekerjaanya atau dapat mempresentasikan )

R= Refleksi agar siswa memahami pembelajaran tersebut bermanfaat bagi dirinya dan bagi lingkungannya.

Kembali saya merefleksi diri ditengah padatnya konsep yang harus dipahami oleh leader yang juga manajer.

Sebagai seorang kepala sekolah tidak hanya memerintah guru untuk melaksanakan program sekolah tetapi seorang kepala sekolah adalah figur keteladanan bagi guru dan siswa.

Beberapa Kata Kunci yang harus dipegang oleh Kepala Sekolah adalah:

1. Kepala Sekolah harus goal dan mempunyai harapan yang jelas

2.Kepala Sekolah harus cerdas menggunakan segala sumber daya dan kekuatan disekitar.

3.Kepala Sekolah adalah Pemimpin Pembelajaran untuk menjadikan lebih berkualitas

4.Kepala Sekolah adalah teladan pembelajaran bagi sekolahnya

5.Kepala sekolah wajib menciptakan lingkungan aman, hijau, rindang, asri dan tertata rapi

Dari sekian kata kunci tersebut saya hubungkan dengan ilmu yang saya dapatkan didalam kegiatan One Year Supercamp, pesan dari Prof Ibrahim yang menancap kuat dalam diri saya hanya satu ” Kepala Sekolah harus berani membuat perubahan” inilah yang disebut Kepala Sekolah yang Visioner memiliki visi atau mimpi yang jelas bukan hanya menghayal. Mempunyai strategi yang cerdas dalam menyikapi kebutuhan sekolah ,yang berin Integratif tinggi.

Walaupun tantangan menjadi Kepala Sekolah adalah bagian dari cerita emas dalam kehidupan kepala sekolah namun menjadi kepala sekolah adalah amanah dan anugrah.

Seorang Kepala Sekolah harus mampu menjadi pemimpin yang dapat membangun orang lain menjadi pembelajar atau mempengaruhi orang lain. Sehebat apapun Kepala Sekolah tanpa dapat membawa nama sekolah berprestasi adalah naif dan zero. Kepala Sekolah yang hebat adalah Kepala Sekolah yang dapat menjadi motivator dan mempengaruhi serta memberdayakan orang lain. Bukan untuk dirinya sendiri.Dapat menjadi inspirasi dan virus bagi yang lainnya bukan untuk dirinya sendiri.”the principal may influence others”

Maka Selamat berjuang untuk menjadi Kepala Sekolah Sejati Kepala Sekolah yang hebatz adalah pemimpin pembelajaran yang hebat bagi sekolahnya. semangat.

Mudah mudahan tulisan saya Ibu kepsek hebat dan keren dapat terinsfiratif untuk kemajuan sekolah mading masing tempat ibu kepsek bertugas.

TOP