Hari Jumat adalah hari dan waktu yang mustajab untuk berdoa

/ / Tausiyah

Amalan sunah di hari Jumat

1. Membaca surah Al Kahfi.

Rasullulah menganjurkan umatnya untuk membaca surah Al-Kahfi di hari Jumat atau pada malam Jumat. Dalam surah Al-Kahfi terdapat 110 ayat dan merupakan surah ke-18 dari 114 surah dalam Alquran. Dianjurkan bahwa sebaiknya surat Al-Kahfi dibaca saat terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari di hari selanjutnya, yaitu hari Jumat.

Rasulullah SAW bersabda:

Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat.

2. Perbanyak zikir.

Dengan berzikir, seorang muslim akan senantiasa mengingat kekuasaan Allah. Dalam Alquran surah Al-Jumu’ah ayat 9, Allah berfirman:

Amalan Jumat © 2020 brilio.net 

View Image

Yaa ayyuhallaziina aamanuu izaa nudiya lis-salaati miy yaumil-jumu’ati fas’au ilaa zikrillaahi wa zarul baii’, zaalikum khairul lakum ing kuntum ta’lamun

Artinya:

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

3. Membaca salawat.

Selain memperbanyak zikir, Rasulullah juga menganjurkan bagi umat Islam untuk membaca salawat pada hari Jumat. Zikir dan salawat juga bisa membantu dalam kesulitan di dunia maupun akhirat.

4. Perbanyak doa.

Dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah menyebut hari Jumat kemudian berkata:

Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan. Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis tersebut dijelaskan bahwa sedikit waktu yang dimaksud adalah detik terakhir pada hari Jumat, tepatnya ketika mejelang maghrib, saat matahari akan terbenam di hari Jumat.

5. Mandi Jumat.

Terdapat sunah mandi Jumat yang sebaiknya dilaksanakan oleh seorang muslim. Mandi ini tentu berbeda dengan mandi pada hari biasanya karena dilakukan dengan niat mandi Jumat.

Rasulullah bersabda:

Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang telah baligh.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Membersihkan diri dan menggunakan wewangian.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Memakai pakaian terbaik.

Setelah mandi, membersihkan diri serta menggunakan wewangian pada tubuh, pada hari Jumat seorang muslim dianjurkan untuk memakai pakaian terbaik. Pakaian terbaik ini bukan berarti harus pakaian dengan harga yang mahal, namun pakaian yang sesuai digunakan untuk beribadah.

Rasulullah bersabda:

Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat Jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani)

8. Menyegerakan berangkat ke masjid.

Bagi seorang muslim laki-laki, pada hari Jumat diwajibkan untuk melaksanakan salat Jumat di masjid. Untuk melaksanakan salat Jumat, seorang muslim sebaiknya menyegerakan untuk berangkat ke masjid dalam artian berangkat lebih awal untuk melaksanakan salat Jumat dan jangan sampai terlambat.

Anas bin Malik berkata, “Kami berpagi-pagi menuju sholat Jumat dan tidur siang setelah shalat Jumat.” (HR. Bukhari)

9. Memperbanyak salat sunah sebelum khatib naik mimbar.

Barangsiapa yang mandi kemudian datang untuk sholat Jumat, lalu ia sholat semampunya dan dia diam mendengarkan khutbah hingga selesai, kemudian sholat bersama imam, maka akan diampuni dosanya mulai Jumat tersebut sampai Jumat berikutnya ditambah tiga hari.” (HR. Muslim)

10. Salat sunah setelah salat Jumat.

Setelah salat Jumat selesai, seorang muslim laki-laki dianjurkan untuk mengerjakan salat sunah setelah salat Jumat. Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

Apabila kalian telah selesai mengerjakan shalat Jumat, maka shalatlah 4 rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka shalatlah 2 rakaat di masjid dan 2 rakaat apabila engkau pulang.” (HR. Muslim, Tirmidzi)

11. Membaca surah As-Sajadah dan surah Al-Insan.

Rasulullah biasa membaca surat tertentu pada hari Jumat. Di antaranya As-Sajadah dan surah Al-Insan. Jadi sebaiknya, sebagai seorang muslim yang baik juga harus meniru kebiasaan Beliau.

Dari Aisyah radhiyyallahu’anha, ia berkata bahwa:

Rasulullah biasa membaca pada sholat subuh pada hari Jumat ‘Alam Tanzil’ (surat As Sajadah) pada rokaat pertama dan ‘Hal ataa’alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro’ (surat Al Insan) pada rokaat kedua.” (HR. Muslim)

12. Melaksanakan salat Dhuha.

Dari Abu Dzar radhiyallahu’anhu, ia mendengar Rasulullah bersabda:

Pada pagi hari, setiap ruang tulang salah seorang di antara kalian itu ada sedekahnya. Maka setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan kepada kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah dan yang mencukupkan dari semua itu adalah dua rokaat sholat dhuha.” (HR. Muslim)

13. Salat sunah qabliyah dan bakdiyah.

Salat qabliyah dzuhur adalah salat sunah yang dikerjakan sebanyak 2 sampai 4 rakaat sebelum saat dzuhur. Sedangkan salat bakdiyah dzuhur adalah salat sunah yang dilakukan setelah salat dzuhur. Hal ini bisa dikerjakan oleh seorang muslim perempuan yang tidak mengerjakan salat Jumat seperti muslim laki-laki.

14. Perbanyak sedekah.

Sedekah dapat dilakukan pada hari apa saja, namun sedekah di hari Jumat sangat dianjurkan oleh Rasulullah.

15. Memotong kuku dan mencukur rambut.

Di hari Jumat, Rasulullah mensunahkan untuk membersihkan anggota tubuh seperti memotong kuku dan mencukur rambut. Imam Nawawi rahimahullah mengatakan:

Imam Syafi’i dan para ulama mahzab Syafi’iyah rahimahullah menegaskan dianjurkannya memotong kuku dan mencukur rambut-rambut pada tubuh (kumis dan bulu kemaluan) pada hari Jumat.” (Al-Majmu’Syarh Al-Muhadzdzab, 1:287)

 

Sumber : https://www.brilio.net/wow/15-amalan-sunah-di-hari-jumat-yang-dianjurkan-rasulullah-200724p.html

TOP