MEMBANGUN SINERGITAS GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID 19

/ / Artikel

 

Oleh : Abas, M.Pd,.M.Si ( Pembina Yayasan Harapan Umat )

Penyebaran  Pandemi Covid 19 sangat dahsyat , bahkan mendunia penyebarannya sehingga   belum juga berakhir . Kita tidak ada yang mengetahui kapan pandemi ini akan hilang dan berakhir. Pandemi Covid 19 banyak  membawa dampak yang signifikan terhadap  dunia pendidikan . Seluruh Indonesia sekolah sekolah di larang melaksanakan pembelajaran secara tatap muka . Sehingga dilaksanakan secara Daring yang membuat intensitas pertemuan antara guru dan siswa menjadi berkurang. Metode pembelajaran Daring menuntut peran serta orang tua di rumah  harus bisa menjadi pendamping terhadap anak anaknya dalam proses pembelajaran secara Daring  . Hal ini menjadi jembatan antara guru dan murid selama proses pembelajaran, sehingga adanya kerjasama yang efektif anatara guru dan orang tua selama pembelajaran Daring di rumah dengan baik.  Yang perlu di tekankan dalam pembelajaran jarak jauh adalah seberapa besar orang tua mengetahui gaya belajar anak agar dapat membantu memahami materi yang di sajikan .

Dari sini kita bisa melihat antara guru , orang tua dan anak sangatlah penting . Kita bisa melihatnya dari sudut pandang guru selama ini anaknya tipe yang mana , ini kita bisa lihat perbedaan antar pembelajaran di sekolah dan di rumah . Karena setiap anak mempunyai pribadi yang  unik, itulah kenapa setipa anak memiliki gaya belajar yang bisa jadi berbeda beda.  Sinergi orang tua , guru dan anak sangatlah penting dalam keberhasilan pendidikan anak. Terlebih dalam kondisi pandemic covid 19 mengharuskan anak belajar dari rumah  membuat orang tua semakin sadar pentingnya mendapingi anak dalam belajar. Guru juga harus mengetahui kondisi anak di rumah menyangkut pemberian materi dan tugas yang tidak memberatkan dan membebani anak dan lebih mengasah kreatifitas serta empati anak. Guru juga harus berkomuniaksi dengan orang tua kendala kendala yang di hadapi anak pada waktu pembelajaran Daring  di rumah.

Untuk membangun Sinergitas /komunikasi yang baik antara guru dan orang tua dalam pendidikan  di masa pandemi covid 19 adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan mendidik anak di lembaga pendidikan untuk menghasilkan anak anak yang mempunyai kepribadian yang baik , baik selama di sekolah maupun di rumah di era pandemic ini.
  2. Adanya kesamaan Visi dan Orientasi antara sekolah dan orang tua.
  3. Menjalin komunikasi yang baik antara guru, orang tua dan anak di masa pandemic ini.
  4. Saling menghargai dan mendukung dalam pembelajaran Daring karena situasi kondisi pandemic.
  5. Tenggang rasa dan saling pengertian antar sesame.

 

Dengan demikian jika guru, orang tua dan  anak bersinergi dalam melaksanakan pembelajaran di rumah maka sesuatu yang di kerjakan menjadi mudah dan kegiatan pembelajaran daring memberikan manfaat dan semangat untuk anaka naka kita.

TOP