Guruku Idolaku

/ / Artikel

Guruku Idolaku

Oleh : Abas.M.Pd.M.Si

Sosok guru yang kita kenal dibenak kita selama ini adalah idola bagi kita semua. hal ini bisa di buktikan dengan menirukan gaya guru kita tersebut atau kalau tidak yakni dengan melakukan segala sesuatu apa yang di perintahkan oleh guru kita .ketika guru kita memerintahkan kita untuk membawa bekal ke sekolah,mencuci tangan sehabis makan , pasti kita laksanakan apa yang di perintahkan oleh guru.

Ada pepatah yang mengatakan
bahwa Guru itu di gugu dan di tiru. Artinya seorang yang di perhatikan dan di tiru setiap gerak-geriknya .oleh sebab itu kita sebagai guru di tuntut memberikan teladan yang baik bagi anak didik kita.

Seorang guru yang menjadi idola bagi muridnya harus mencermikan sikap yang baik.seperti halnya sikap jujur dan sabar.kedua sikap tersebut sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak didik kita.ketika anak di ajarkan sikap tersebut sejak dini dimana daya ingatnya masih kuat dan dapat menerima segala sesuatu dengan mudah maka hal tersebut akan terbawa sampai anak tersebut dewasa kelak.

Perlu di ketahui bahwa untuk memiliki sikap sabar itu tidaklah mudah. sebagai seorang guru kita di tuntut untuk ekstra sabar dalam menghadapi tingkah anak-anak yang belum mengerti mana yang baik dan buruk untuk dirinya sendiri,kita juga harus memiliki sikap lemah lembut ,sikap tersebut tidak bisa di pisahkan dengan sikap sabar.kedua sikap tersebut saling berhubungan satu sama lainnya.

Pada anak usia dini,anak tidak dapat menerima segala sesuatu dengan kekerasan,ketika memerintahkan seorang anak kita tidak boleh membentak anak tersebut begitu pula ketika anak tersebut bisa di kategorikan anak yang kurang baik .tugas kita sebagai guru dalam menghadapi kenakalan anak tersebut yakni dengan besikap lemah lembut dan bersabar,kita lakukan pendekatan secara halus dan memberikan pengertian pada anak tersebut.

Terkadang ada anggapan salah,bahwa seorang yang sabar itu ialah orang yang tidak bisa tegas dalam memutuskan suatu perkara.hal ini perlu kita luruskan bahwa seorang yang sabar bukanlah orang yang tidak tegas.seperti contoh ketika anak didik kita ramai dan kita sudah memperingati beberapa kali namun anak tersebut tetap ramai maka tindakan yang dapat kita lakukan yakni dengan memanggil anak tersebut ke depan kelas dan megajak anak tersebut untuk ikut serta dalam memberikan materi untuk teman-temannya seperti membaca cerita atau bernyanyi bersama.hal sederhana ini juga dapat kita praktekan di dalam kelas.

Sikap yang kedua yaitu sikap jujur.sejak dini kita harus membiasakan anak didik kita untuk memiliki siap jujur.sikap ini sangatlah penting bagi kehidupan anak kita kedepannya.hal sederhana yang dapat kita lakukan yaitu ketika ada anak yang kehilangan sesuatu seperti buku gambar contohnya maka kita harus bertanya kepada seluruh anak apakah ada yang mengetahui tersebut ketika ada anak yang ketahuan mengambil atau menyembunyikannya maka kita harus memberi tau bahwa hal tersebut tidak boleh,kita harus jujur dan tidak boleh berbohong.

Jadi,sebagai idola anak-anak kita harus memberikan suatu teladan yang baik.dan juga bisa pengaruh baik juga bagi perkembangan anak kedepannya.

Sebagai guru adalah
Panutan
Contoh
Suritauladan
Memberikan inspiratif
Memberikan motivasi
Memberikan semangat
Untuk siswanya….

TOP