Masalah – Masalah Dalam Belajar

/ / Artikel

Tugas utama seorang guru adalah membelajarkan siswa. Ini berarti bahwa bila guru bertindak mengajar, maka diharapkan siswa berajar atau belajar. Dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah ditemukan hal-hal berikut. Guru telah mengajar dengan baik. Ada belajar siswa giat. Ada siswa pura-pura belajar. Ada siswa belajar setengah hati.
Bahkan ada siswa yang tidak belajar. Guru bingung menghadapi keadaan siswa. Guru tersebut berkonsultasi dengan konselor sekolah. Kedua petugas pendidik tersebut menemukan adanya masalah-masalah yang dialami siswa. Ada masalah yang dapat dipecahkan oleh konselor sekolah. Ada pula masalah yang harus dikonsultasikan dengan ahli psikologi.
Bahkan guru memahami bahwa kondisi lingkungan siswa juga dapat menjadi sumber timbulnya masalah-masalah belajar.

Maka seorang guru harus bisa:

  1. Mengidentifikasi masalah pada pembelajaran
  2. ‘menentukan masalah ekstern atau masalah intern pada pembelajaran
  3. Menganilisis sebab-sebab yang menimbulakan masalah-masalah pembelajaran
  4. Menemukan alternatif pemecahan-pemecahanpembelajaran

Guru professional berusaha mendorong siswa agar belajar secara berhasil. Ia menemukan bahwa ada bermacam-macam hal yang menyebabkan siswa belajar. Adasiswa yang tidak belajarkarena dimarahi orang tua. Ada siswa yang enggan belajar karena pindah temoat tinggal. Ada siswa yang sukar memusatkan perhatian waktu guru mengajar topic tertentu. Bermacam-macam keadaan siswa tersebut menggambarkan bahwa pengetahuan tentang masalah-masalah belajar merupakan hal yang sangat penting bagi guru dan calon guru.

 

Sumber : https://dwipujihastuti.wordpress.com/2015/06/24/masalah-masalah-dalam-belajar/

TOP