Pentingnya Menuntut Ilmu

/ / Artikel

Pada dasarnya menuntut ilmu itu sangat penting karena sesungguhnyailmu adalah kehidupan dan cahaya. Selain itu ilmu merupakan kebutuhan primer melebihi kebutuhan badan kepada makanan, dalam sehari hanya dua kali.kebutuhan manusia kepada ilmu sangatlah banyak, sebanyak jumlah nafas, karena setiap nafasnya dibutuhkan iman dan hikmah. Jika nafasnya nihil dari iman atau hikmah, sungguh ia binasa, semakin dekat kematiannya dan tidak mendapatkan jalan untuk membebaskan diri kecuali dengan ilmu.

Setiap orang pasti mengetahui keutamaan ilmu.keutamaan ilmu yang paling nyata adalah bahwa ilmu merupakan sarana untuk bertakwa kepada allah.ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang disukai,sepenting-penting sesuatu yang di cari dan sesuatu yang paling bermanfaat,daripada selainnya.dalam kehidupan dunia ilmu pengetahuan mempunyai peran yang sangat penting.perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan memberikan kemudahan bagi kehidupan individu maupun kehidupan bermasyarakat.ilmu pengetahuan bukan hanya di peroleh dari hubungan dengan sesama manusia.dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa kemajuan peradaban sebuah bangsa tergantung kemajuan ilmu pengetahuan yang melingkupi.

Ilmu adalah di hasilkannya gambaran atau bentuk sesuatu dalam akal.karena pentingnya ilmu dan banyaknya faidah yang terkandung di dalamnya.peranan ilmu pengetahuan dalam kehidupan seseorang sangat besar,dengan ilmu pengetahuan derajat manusia akan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang utama,mulia dan penting.oleh karena itu semua harus menyadari tentang hal ini,setiap pendidikpada lembaga pendidikan manapun harus mampu menyadari akan keutamaan dan pentingnya ilmu,menyalurkannya kepada peserta didik,sehingga manfaat dan fungsi ilmu pengetahuan dirasakan secara menyeluruh,bukan sekedar formalitas belaka.

 

Sumber : https://www.kompasiana.com/winarnitri/552dfeed6ea834ff138b461d/pentingnya-menuntut-ilmu

TOP