Apa sih Covid-19 itu?

/ / Artikel

Abas.M.Pd. M.Si
Pembina yysn Harum

 

APA SIH COVID 19

Masih di rumah…..
WFH. Adalah work from home .bekerja di rumah.
WFH. Adalah worship from home . Beribadah dari rumah .
WFH bukan kerja senaknya saja atau asal asalan karena tidak ada yang memantau secara langsung. Tetapi kita hendaknya berusaha. Berupaya. Beriktiar bekerja dan berkarya lebih berkualitas dan profesional untuk menghasilkan output yang terbaik dan menggapai ridho Allah semata.
Inilah yang menjadi motivasi dari peristiwa merebaknya wabah corona yang kita kenal Covid 19 bahwa kita harus berdiam di rumah. Harus bekerja di rumah.
Karena virus corona secara cepat dan merambat menularkan orang sekitar bahkan virus ini sudah mewabah secara internasional. Betapa sangat dahsyat dan membahayakan bahkan mematikan dari virus corona . Oleh sebab itu marillah kita beristigfar dan berdoa kepada Allah agar terhindar dari virus corona ini. Amin.
Ada beberapa hikmah yang bisa kita petik pelajaran dari covid 19 antara lain sbb.

A. Pertama, Covid-19, menyadarkan kita semua pada keabsolutan kekuasaan Allah Swt. Semua makhluk berada dalam genggaman-Nya dan tadbir-Nya. Tidak ada satu pun makhluk/manusia yang bisa melawan takdir dan ketentuan Nya.

Karena itu, manusia tidak boleh sombong dan takabbur dengan kekuasaan yang digenggamnya, dengan ilmu pengetahuan yang dikuasainya, dan dengan harta yang dimilikinya.

B. Kedua, Allah Swt telah menurunkan syariat-Nya melalui para Rasul-Nya, untuk ditaati dan diikuti dan diimplementasikan dalam seluruh tatanan kehidupan, agar manusia hidup nya bahagia dan sejahtera dunia dan akhirat.

C.Ketiga, pengingkaran manusia, baik secara individu maupun kolektif, apalagi disertai mempermainkan ajaran-Nya, hanyalah akan mengundang kesulitan dan malapetaka dalam kehidupan ini.

D.Keempat, Covid-19, mengajarkan kepada kita pola hidup yang sehat, makanan yang halal dan bersih, jasmani ruhani yang bersih, rumah tempat tinggal yang bersih, tempat ibadah (masjid) yang bersih dan terjaga dengan baik.

E.kelima, Covid-19, mengajarkan kepada kita tentang pentingnya memperkuat kesadaran untuk mencari ilmu melalui literasi. karena ternyata walaupun sekarang kita berada di era kemajuan science dan teknologi (seperti dunia kesehatan dan kedokteran) ternyata virus corona belum ditemukan obatnya.

Inilah beberapa hikmah yang kami dapat tuliskan dalam artikel ini semoga kita terhindar dari virus ini dan Allah selalu menerima doa doa kita . Semoga kita sehat wal afiat..

TOP