SIT CORDOVA

MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA DENGAN PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA

MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA DENGAN PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA

Oleh : Abas, M.Pd,.M.SI

Pembina yayasan Harum (harapan umat)

Karakter merupakan nilai nilai manusia yang
berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa , diri
sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan
kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap,
perasaan, dan perbuatan berdasarkan nilai nilai
agama, hukum, tatakrama, budaya dan adat
istiadat.

 

Jadi Pendidikan karakter adalah suatu sistem
penanaman nilai nilai karakter kepada sekolah
yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran,
kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai
nilai tersebut .

Pendidikan karakter yang utuh dan menyeluruh
tidak sekedar membentuk anak anak menjadi
pribadi yang cerdas dan baik, melainkan juga
membentuk mereka menjadi berprilaku yang baik
bagi perubahan dalam hidupnya sendiri (Doni
Koesoema A.Ed).

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan
HIdup RI nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman
Pelaksanaan Program Adiwiyata, sekolah
Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan
berbudaya lingkungan .

Program Adiwiyata adalah Program untuk mewujudkan sekolah yang peduli
dan berbudaya lingkungan. Program Adiwiyata ini
merupakan program pendidikan lingkungan hidup
yang sangat menunjang pada capaian standar
lulusan atau SKL di sekolah, dengan
berkembangnya karakter yang dibiasakan pada
program sekolah adiwiyata ini melalui tiga prinsip
yaitu edukatif, partisipatif dan berkelanjutan.
Edukatif mengandung makna dengan
pendidikan lingkungan yang di lakukan di sekolah
melalui berbagai macam pembiasaan seperti
bagaimana cara pemeliharaan, pelestrarian,
pengelolaan lingkungan hidup kepada semua
warga sekolah dapat merubah pola pikir dan
perilaku warga sekolah serta lingkungan.
Partisipatif mengandung makna dalam
pelaksanaan program adiwiyata ini harus
dilakukan secara konfrehenshif , mulai dari pihak
pemerintah sampai pada masyarakat melaui
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang
melibatkan masyarakat. Begitu juga di sekolah,
perencanaan dan pelaksanaan adiwiyata ini tidak
hanya di lakukan oleh warga sekolah , tetapi juga
melibatkan orang tua wali murid dan masyarakat
sekitar dalam kerjasama untuk peduli lingkungan .
Berkelanjutan mengandung makna program
adiwiyata ini terencana, terus menerus dan
berkelanjutan , sehingga dengan program
adiwiyata ini dapat menimbulkan kesadaran
kepada warga sekolah tentang peduli lingkungan.
Banyak yang bisa dilaksanakan di sekoalah dalam
rangka pendidikan karakter siswa , antara lain
mulai dari program yang sederhana seperti jumsih,
program kebersihan lingkungan sekitar sekolah ,
baik dengan menanam, memelihara,
membersihkan dan mengolah limbah yang
dilakukan oleh para siswa secara terjadwal.
Program Adiwiyata ini juga dengan
melakukan penghematan sumber energi seperti air
dan listrik dengan melalui pembiasaan melalui
pemberian tulisan untuk penghematan air dan
listrik.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari program
Adiwiyata ini , antara lain dapat mengubah
perilaku masyarakat menjadi peduli lingkungan ,
meningkatkan penghematan Sumber Daya dan
Energi , menciptakan situasi dan kondisi
pembelajaran di sekolah menjadi lebih nyaman
dengan lingkungan yang sehat, bersih, tertib, dan
asri serta menghindari dampak negatif.
Melalui kegiatan sekolah Adiwiyata kita
berupaya menciptakan siswa atau generasi
berkarakter. Generasi yang peduli dengan
lingkungan hidup. Insan yang senang dengan
lingkungan yang sehat, bebas dengan sampah
plastik, indah, hijau, asri dan berdampak pada
ekosistem akademik yang damai. Generasi yang
mampu mewujudkan lingkungan hidup yang stabil
dan seimbang.

Dengan program Adiwiyata di sekolah dapat
menciptakan manusia manusia yang lebih peduli
lagi dalam lingkungan , dapat mencitakan dan
mengembangkan siswa yang berkarakter, sehingga
menciptakan hidup yang lebih bermakna dan lebih
bermanfaat, baik untuk diri kita maupun untuk
sekolah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.