PERANAN KEPALA SEKOLAH PADA SITUASI PANDEMIK COVID19

/ / Artikel

PERANAN KEPALA SEKOLAH PADA SITUASI PANDEMIK COVID19.

Oleh : Abas, M.Pd,.M.Si.

Keberhasilan sekolah selama masa pandemi covid 19 ini sangat ditentukan oleh keberhasilan kepala sekolah dalam menjalankan peranan dan tufoksinya yang mencerminkan tanggung jawab dan wewenang dalam organisasi sekolah.

Disadari atau tidak bahwa terdapat tiga pihak yang sangat menentukan keberhasilan tujuan pendidikan yaitu kepala sekolah, guru dan pengawas . Kepala sekolah menjadi komponen yang sangat penting dalam mewujudkan dan mempertahankan mutu sekolah serta keterlaksanaan proses pembelajaran selama masa tanggap darurat ini.

Kepala sekolah dalam masa tanggap darurat ini dituntut untuk selalu inovatif, mampu memecahkan masalah, dan secara kolaboratif mampu menggerakkan ekosistem sekolah secara harmonis. Untuk memastikan kepala sekolah, guru dan orang tua bersinergi dalam masa tanggap darurat untuk menjamin proses pembelajaran itu tetap jalan maka fungsi coaching dan counselling sangat diperlukan.

Keberhasilan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya di masa tanggap darurat ini banyak ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah tersebut. Kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam menunjang tercapainya tujuan organisasi sekolah pun dalam kondisi darurat seperti sekarang ini.

Keberhasilan kepala sekolah dalam membina guru atau mengelola kegiatan sekolah dalam masa pandemi covid 19 ini sangat dibutuhkan dan kepemimpinan kepala sekolah itu harus hadir dalam bentuk inovasi dan kreativitas tanpa batas dan tanpa sekat.

Kepala sekolah harus mampu menggerakkan, membimbing dan mengarahkan guru secara tepat sehingga kegiatan pembelajaran dalam masa karantina ini dapat tetap berjalan dengan efektif.

Sekolah memiliki kewenangan, kewajiban dan tanggung jawab (accountability) dalam pengelolaan sekolah termasuk terselenggaranya proses belajar mengajar selama masa tanggap darurat Covid-19. Kepala sekolah harus tanggap terhadap kebutuhan masyarakat dengan memberikan layanan pendidikan yang sesuai kondisi yang terjadi.

Dalam situasi seperti sekarang ini, kepala sekolah harus memiliki kemampuan kepemimpinan untuk mengoptimalkan/ mendayagunakan seluruh komponen pendidikan dalam rangka menjamin terlaksananya proses pembelajaran secara efektif dengan suasana yang berbeda. Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh kepala sekolah selama masa pandemi Covid-19 ini sebagai wujud kepemimpinan kepala sekolah tersebut.

Pertama, merancang kurikulum dan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi darurat bencana melalui optimalisasi pemanfaatan teknologi.

Kedua, melakukan komunikasi multiarah untuk mensterilkan lingkungan sekolah agar terhindar dari wabah virus corona melalui upaya pembersihan dan penyemprotan disinfectant di lingkungan sekolah agar sekolah siap untuk digunakan pada waktunya.

Ketiga, kepala sekolah terus memantau atau memonitoring proses pembelajaran yang di laksanakan oleh guru selama di rumah .

Keempat, kepala sekolah mengevaluasi semua kegiatan proses pembelajaran yang di terapkan oleh guru .

Semoga bermanfaat untuk kepala sekolah dalam manajemen organisasi sekolah pada situasi pandemik Covid 19.

TOP