Sejarah

Berawal dari aktivitas belajar mengajar di Taman Kanak-Kanak Al-Quran (TKQ) Al-Amanah dan Taman Pendidikan Al-Quran Al-Amanah yang dimulai tahun 1992, pada tahun 1997 dibentuklah sebuah yayasan yang diberi nama Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial (YPIS) Harapan Umat. Yayasan ini didirikan oleh para pendidik dan pemerhati sosial yaitu H. Romli Sian Mair Lc, MA, Rusmini S.Pd.I, Mugeni S.Pd, dan Abas M.Pd.

Di tahun itu pula berdirilah Lembaga Pendidikan SDM Kewirausahaan Bina Amanah, yang sekarang diberi nama Sekolah Kewirausahaan Bina Amanah Cordova (The Enterpreneurship School of bina Amanah Cordova). Sebuah lembaga yang memberikan pelajaran dan keterampilan berwiraswasta yang diselenggarakan setiap tahunnya tanpa memungut biaya apapun kepada mahasiswanya. Dua lembaga awal ini merupakan mata rantai syukur yang tak pernah putus dan tentunya menjadi mata air keberkahan yang tak pernah surut bagi keberlangsungan penyelenggaraan yayasan ini.

Pada tahun 2002 yayasan ini menaungi unit baru yang diberi nama Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cordova yang hingga kini telah dipimpin oleh kepala-kepala sekolah sebagai berikut:

  1. H. Romli Sian Mair, Lc
  2. Edi Nasirun, S.Pd
  3. Tri Nurmarwantono
  4. Mustopa, S.Sos.I
  5. Mahruroji, S.Pd.I

Unit SDIT Cordova ini tahun demi tahun telah menunjukkan kemajuan yang sangat patut untuk disyukuri.

Selain SDIT, pada tahun 2013 berdiri pulalah Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Cordova. Sebuah unit yang memang dinanti-nanti oleh sebagian wali murid untuk keberlangsungan pendidikan putra-putrinya pada jenjang-jenjang selanjutnya.

Dan pada tahun ajaran 2016-2017 YPIS Harapan Umat menginisiasi unit pendidikan baru yang diberi nama Pondok Pesantren Terpadu Cordova. Unit ini diselenggarakan untuk santri/santriwati yang memiliki minat mendalami agama khususnya dalam kajian Ilmu-Ilmu Al-Quran.

Dalam bidang pelayanan sosial yayasan ini juga bergerak dalam hal memberikan bantuan materi dan konsultasi kepada para guru, kaum dhuafa, yatim dan yatim piatu, pelajar dan mahasiswa dan juga bantuan dan bimbingan bagi anak-anak terlantar.

TOP